Blogger Tricks

Monday, May 19, 2014

Berapa Kedalaman Air Yang Masih Dapat Disedot Pompa Air?



Prinsip Kerja Pompa Air
 
Apa pun jenis pompa sedot yang kita gunakan, maka ada kedalaman maksimum air tanah yang dapat disedot. Kedalaman tersebut ditentukan oleh persamaan tekanan hidrostatik.

Prinsip kerja pompa sedot, baik pompa dragon jaman dulu maupun pompa sedot listrik merek Sanyo, Shimidzu, Hitachi, da lain-lain adalah menurunkan tekanan udara di ujung atas pipa. Ujung bawah pipa tercelup dalam air sumur. Permukaan air sumur mendapat tekanan atmosfer. Karena ruang di ujung atas pipa diturunkan tekanannya maka air terdesak dari ujung bawah pipa dan naik sepanjang pipa. Ketinggian naiknya air ditentukan oleh perbedaan tekanan atmosfer dengan tekanan di ujung atas pipa.

Kalaupun ruang di ujung atas pipa dapat dibuat vakum 100% maka ketinggian maksimum naiknya air hanya 11,2 meter. Karena pompa tidak mebuat ruang yang benar-benar vakum maka tinggi naiknya air lebih kecil dari itu. Kebanyakan pompa listrik yang dijual di pasar hanya sanggup menarik air hingga kedalaman sekitar 9 meter. Artinya, tekanan udara di ujung atas pipa sekitar 0,2 atm.

Betapa pun hebatnya pompa sedot yang kalian miliki, berapa pun daya listrik yang digunakan, tetap tidak sanggup menarik air sumur yang lebih dalam dari 11,2 meter. Kalau ada sumur yang lebih dalam, biasanya posisi pompa diturunkan sehingga jarak antara permukaan air dengan pompa sekitar 9 meter.

Untuk sumur yang lebih dalam tidak digunakan pompa sedot, tetapi pompa jet (jet pump). Prinsip kerja pompa jet berbeda dengan pompa sedot.



18 comments:

  1. Pak mohon info nya kalau saya punya sumur dalam 4-5meter namun pompa saya berada 20m dr sumur dan ketinggian 6m, pompa apa sebaiknya sy pakai. Apakah bisa dgn semi jet pimp? Tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika maksudnya
      kedalaman air dlm sumur = 4-5
      kedalaman sumur = 20m
      Ketinggian tampungan= 6m
      Yg jd mslh adalah kedalaman sumur (bibir sumur s.d. permukaan air).
      lebih dari 9m.
      Gunakan jetpump atau submersible. disesuaikan kemampuan listrik dan anggarannya.
      Jika maksudnya: 20m adalah jarak datar, maka gunakan pompa air biasa. tidak perlu jetpump. pastikan kerapatan sambungan. jika ada sedikit retak/sambungan bocor, maka air sulit disedot.
      Jarak horizontal tidak berpengaruh.

      Delete
    2. Berapa meter jarak antara mata jet pump ujung bawah pipa dengan masuk kedalam air

      Delete
  2. pemilihan kedalaman sumur pada pompa air menang sangat penting karena juga akan mempenaruhi kinerja pompa air dan membuatnya perlu tambahan peralatan seperti kelm sadel .

    ReplyDelete
  3. Mau tanya nih pompa air terlalu jauh dari sumur apa bisa kesedot

    ReplyDelete
  4. Saya baru membuat sumur gali,air di dalam sumur baru sebatas paha tetapi belum 1 meter...apakah sudah bisa di sedot memakai jet pump? Karena sumur gali saya kedalaman 14 meter...terimakasih

    ReplyDelete
  5. kmaren pompa air sy hilang. kadalaman sumur sy 9 meter tp posisi pompa mu di dalam rmh(lebih dr 15 meter dr bibir sumur. pertanyaanya apakah mampu pake semi jet. trima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  6. Jika jarak pompa dgn sumur kira2 30 meter,& sumurnya sangat dlm saya ingin beli pompa merk shimizu dgn watt hemat kira2 type berapa yg harus saya beli?

    ReplyDelete
  7. Mau nanya , sumur bor sya kedalaman 60meter , sdangkan pipa yg di masukkan sedalam 40 meter , dan kami menggunakan jet pumt, knp musim kemarau sperti ini air keluarnya sedikit, airnya kering atau pipa harus di tambah lagi ya ? Mhon bantuannya pak?

    ReplyDelete
  8. Berapa maksimal kedalaman untuk semi jetpump.. merk dub

    ReplyDelete
  9. Mau tanya klo kedalaman 42m APA bisa pake dragon? Tks

    ReplyDelete
  10. Mau tanya..kedalaman sumur 5 meter.tp jarak rumah dr sumur 5 meter.bisakah pasang pompa air dr rmh mendatar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa, yang menjadi beban itu adalah jarak vertikal, kalau hanya kedalaman 5 meter pakai Shimizu bisa.

      Delete
  11. mau tanya pak
    sumur dalam 7 meter
    tapi jarak sumur kerumah saya lebih 40 meter
    bisakah menggunakan mesin dangkal kalau mesin di letakan di rumah,
    posisi pipa dari sumur horizontal

    ReplyDelete
  12. mau tanya pak .pompa shimizu pc 260 bit .jetpum.buat sedot tandon bawa posisi di lantai pipa hisap turun sedikit trs datar 22 meter .trs naik 9 mtr apakah mampu.terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Berapa jarak ideal dari ujung pipa hisap dengan dasar sumur bor? Dan berapa idealnya ukuran pipa hisap?

    ReplyDelete
  14. Dalam bor air 25 meter pipa ke dlam air 22 meter tp mata jet di atas 9 meter dr atas...jd pipa sedot 1" (ekor 13 meter)...air tidak bs naik...apa ada masalah dr mata jet gantung gan...sdh 2 minggu sy kerjakan belom keluar air jg...pompa sy baru beli Shimizu 375 bit...itu knpa ya..tolong solusinya..trims Aroel

    ReplyDelete