Blogger Tricks

Thursday, February 6, 2014

Fisika Inersia Pensil dan Kertas

Mengapa saat kita menarik kertas dengan cepat maka pensil yang terletak diatasnya tetap diam?
Mengapa saat kita menarik kertas dengan lamban maka pensil akan bergerak?
 



Hukum I Newton menyatakan bahwa :
Setiap benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus (percepatan nol), kecuali terdapat gaya total pada benda tersebut.
Secara matematis, Hukum I Newton dapat dinyatakan sebagai berikut :

abengyogta100.blogspot.com


Kecenderungan suatu benda untuk tetap bergerak atau mempertahankan keadaan diam dinamakan inersia. Karenanya, hukum I Newton dikenal juga dengan julukan Hukum Inersia alias Hukum Kelembaman.


Pensil tetap diam di tempatnya semula ketika kertas ditarik dengan tiba-tiba. sebaliknya, ketika kertas ditarik secara perlahan, pensil ikut bergerak bersama kertas, Pada saat ditarik kemudian tarikan dihentikan secara tiba-tiba, pensil tidak segera berhenti tetapi masih terus bergerak.

Ketika kamu menarik kertas secara perlahan, kelembaman pensil tidak dapat gerak pelan kertas, akibatnya pensil jatuh. Akan tetapi, ketika kamu secara cepat menarik kertas, kelembaman pensil mampu menentang gerak cepat kertas dengan mempertahankan keadaan diamya, sehingga pensil tidak jatuh berguling.
Setiap benda memiliki sifat kelembaman yaitu kecenderungan untuk tetap bergerak atau diam.

Perubahan kecepatan tiap satuan waktu dan massa dari pensil memiliki pengaruh yang relatif besar terhadap perubahan gerak dari pensil tersebut. Gaya yang diciptakan untuk menarik kertas harus memiliki percepatan yang relatif besar (Ditarik tiba2 dengan cepat) dan massa dari pensil tsb. mempengaruhi besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik kertas tersebut. semakin tinggi percepatan maka pensil akan diam.

Berikut analisis gerak benda sekaligus jawaban atas 2 pertanyaan di awal statement tadi.


http://abengyogta100.blogspot.com


Kata kunci : Fisika, Pensil, Kertas, Kelembaman, Inersia 

Baca juga penjelasan lebih lanjutnya di : 

http://abengyogta100.blogspot.com/2014/02/fisika-inersia-kertas-dan-pensil-part-2.html
 

3 comments:

  1. keren gan, .
    cntumkan sumber.o kalau ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip kak ! Itu hasil diskusi ama temen2 kebetulan saya baru ngerintis science club.. :D Ini juga berkat supportnya kak dian, kak iful, dkk.

      Delete