Wingtip pada Sayap Pesawat
Kita sering lihat pesawat pesawat Garuda (737-800NG atau Bombardier
CRJ1000) atau Lion Air (737-800NG dan 737-900ER) di mana ujung sayap
melengkung ke atas. Disain tersebut berbeda dengan versi klasik (737-200
sampai 737-500). Apa gunanya lekukan sayap tersebut?
Salah satu tujuannya adalah mengurangi gaya hambat oleh pusaran udara
di ujung sayap. Di ujung sayap (bidang batas antara benda padat dengan
fluida) terjadi pusaran udara (vortices) yang arah alirannya mendorong
sayap ke arah bawah. Ini mengakibatkan gaya angkat pada pesawat sedikit
terhambat. Pusaran udara di ujung sayap dapat diperkecil dengan membuat
lekukan di ujung sayap (membuat wingtip). Pengurangan gaya hambat
tersebut berakibat efisiensi penggunaan bahan bakar.
Wingtip
juga memberi tambahan stabilitas vertikal pada sayap. Umunya stabilitas
vertikal hanya berasal dari bagian tegak di ekor pesawat. Karena posisi
wingtip pada dua sayap hampir vertikal maka wingtip memberi tambahan
stabilitas vertikal pada pesawat.
Friday, April 18, 2014
Wingtip pada Sayap Pesawat
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment