Mengapa Suhu Kabin Pesawat Terlalu Dingin?
Saya pernah naik pesawat bertarif rendah (LCC) dan suhu dalam kabin
sangat dingin. Para penumpang pada mengginggil dan gentian ke toilet.
Pramugari pun berkali-kali ke toilet. Agak aneh, mengapa penumpang
dibuat tersiksa begitu.
Mungkin sistem pemanasan kabin sedang mengalami masalah. Seperti diketahui, pada ketinggian cruising (di atas 38.000 kaki) suhu
udara luar sekitar -55 oC. Jadi, kabin harus terus-menerus dipanaskan
agar udara di dalamnya tetap nyaman. Suhu kabin pesawat yang nyaman
sekitar 24 oC. Karena perbedaan suhu yang tinggi antara kabin dan udara
luar maka terjadi pemancaran kalor yang cukup besar dari kabin ke udara
luar. Laju pemancaran bergantung pada konduktivitas termal dinding
pesawat dan ketebalan dinding pesawat.
Andaikan suhu kabin
sengaja diset rendah maka ini sudah masuk teknik dagang. Dengan suhu
kabin rendah maka kalor yang dipancarkan ke udara luar menjadi rendah.
Laju pemanasan kabin menjadi kecil dan konsumsi bahan bakar untuk
pemanasan kabin menjadi kecil pula. Ini berarti maskapai dapat menghemat
biaya bahan bakar. Lumayan untuk menurunkan harga tiket.
Saturday, April 26, 2014
Mengapa Suhu Kabin Pesawat Terlalu Dingin?
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment